Kamis, 30 Mei 2013

Vitamin C

Vitamin C (asam askorbat) merupakan vitamin yang larut dalam air dan sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan system kekebalan, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Vitamin C termasuk golongan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh melalui makanan, terutama makanan yang digoreng dan dipanggang. Radikal bebas sangat berbahaya karena menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Mengkonsumsi vitamin C dapat megurangi radikal bebas yang berinteraksi dengan sel-sel didalam tubuh.
Vitamin C diperlukan untuk beberapa fungsi penting tubuh walaupun dalam jumlah kecil, tetapi vitamin C merupakan nutrisi yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga harus mendapatkan dari asupan makanan yang dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin C.

Akibat yang ditimbulkan dari defisiensi vitamin C adalah :
  • Penyakit gigi dan mulut ; sariawan, gusi tidak sehat sehingga gigi mudah goyah dan lepas.
  • Perdarahan dibawah kulit, umumnya terjadi pada bagian gusi dan sekitar mata.
  • Depresi.
  • Penurunan daya ingat.
  • Mudah lelah dan lemah otot.
  • Flu, pilek dan demam.
  • Kerusakan pada kulit; kasar dan kusam serta keriput sebelum waktunya.
  • Berpeluang menimbulkan masalah kesehatan, diantaranya kolesterol tinggi, jantung danpenyakit sendi.

Secara umum tubuh kita membutuhkan vitamin C antara 75 - 90 mg per hari. Namun beberapa faktor seperti bad habit dan usia menyebabkan kebutuhan vitamin C setiap orang menjadi berbeda/beragam. Pada kasus narkotika dan kecanduan alkohol kebutuhan vitamin C meningkat karena terjadi kerusakan vitamin C dalam darah sekitar 25%. Demikian pula pada pengkonsumsi obat jangka panjang (sakit menahun), pengkonsumsi teh, kopi serta kondisi stress akan mengalami hal yang sama.

Walaupun umumnya kebutuhan vitamin C tidak terlampau besar namun vitamin ini memiliki sifat mudah rusak, diantaranya mudah teroksidasi oleh panas, cahaya dan logam, terutama pada saat pengolahan. Sehingga bahan-bahan makanan yang kaya vitamin C mengalami penyusutan kandungan vitamin C sebelum dikonsumsi.

Untuk mencukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin C secara alami, konsumsi bahan-bahan makanan sumber vitamin C antara lain buah-buahan segar, sayuran hijau, kentang. susu, mentega, ikan dan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar