Rabu, 29 Mei 2013

Apakah yang dimaksud Tui Na?


Tui Na (diucapkan twee na) diterjemahkan ke dalam "tekan-pegang" atau "poke-cubit" dalam bahasa Cina. Tui Na adalah perawatan tangan pada tubuh yang menggunakan acupressure sebagai dasar pengobatan Cina yang tujuannya adalah membawa keseimbangan dalam tubuh dan dilakukan dengan tujuan menghindari penyakit untuk tumbuh dengan meningkatkan pertahanan dan sistem imun Chi (energi vital) tubuh.
Tui Na memiliki efek samping lebih sedikit dibandingkan dengan perawatan modern yang berdasarkan obat dan bahan kimia. Tui Na banyak digunakan untuk merawat atau melengkapi perawatan dari berbagai macam kondisi.
Praktisi Tui Na mungkin brush, knead, roll/press and rub di daerah sekitar persendian (dikenal sebagai delapan gerbang) untuk membuka chi pertahanan tubuh (wei) dan membuat energi bergerak di kedua meridian (dimana Chi mengalir dalam tubuh) dan otot-otot yang juga menstimulasi aliran chi dan darah untuk membawa penyembuhan. Spesialis akan berkonsentrasi pada titik acupressure tertentu, titik pembangkit energi, otot-otot dan persendian disekitar daerah yang bermasalah.
Berbagai gerakan, tarikan, pijatan dengan tujuan menstimulasi titik acupressure mungkin digunakan untuk merawat kondisi fisik yang akut dan kronis dan juga berbagai kondisi non-fisik. Praktisi klinis sering menggunakan obat gosok, plaster, obat-obatan herbal kompress dan packs untuk membantu proses penyembuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar