Rabu, 29 Mei 2013

PENGOBATAN ALTERNATIF ATASI TULANG PATAH

Gamat, Obat Alternatif Tulang PatahTulang Patah, termasuk di dalamnya keretakan tulang pada dasarnya dapat secara alami menyambung sendiri. Pananganan yang tepat sejak terjadi trauma mempercepat proses penyembuhan.

Berikut nukilan dari Textbook of Disorders and Injuries of the Musculosceletal System karangan Robert Bruce Salter, halaman 427-428 tentang proses alami panyambungan tulang:

Fase awal penyembuhan dari jaringan lunak
Pada patah tulang, akan terjadi robekan pembuluh darah kecil di sekitar tempat cedera. Setelah terjadi pendarahan maka tubuh akan merespon dan terbentuklah bekuan darah (clot/hematoma). Hematoma di tempat patah tulang ini merupakan tempat dimana proses penyembuhan patah tulang pertama kali terjadi. Akan terjadi ledakan populasi sel-sel pembentuk tulang baru (osteogenic cells) untuk membentuk callus yang berfungsi sebagai ”lem” untuk menjaga agar tulang yang patah tidak mudah bergerak. Pada fase ini callus yang terbentuk masih lunak dan sebagian besar mengandung cairan.

Fase Penyambungan Tulang secara Klinis (Clinical Union)
Callus semakin lama akan semakin mengeras dan sebagian akan digantikan oleh tulang immatur/belum dewasa. Pada saat callus ini telah mengeras sehingga tidak lagi terjadi pergerakan di sekitar tulang yang patah, maka dikatakan telah memasuki fase penyambungan tulang secara klinis (Clinical Union), namun garis patah tulang masih akan terlihat. Saat fase ini pasien tidak merasakan nyeri apabila bagian yang patah digerakkan.

Fase Konsolidasi atau Penyambungan secara Radiologis (Radiographic Union)
Saat semua tulang muda (immatur) dalam callus telah tergantikan oleh tulang yang dewasa (matur) maka dikatakan telah memasuki fase Radiographic Union. Garis patah tulang tidak akan terlihat lagi.

dr. Erwien Isparnadi SpOT menyebutkan beberapa faktor yang memengaruhi kecepatan tulang menyambung. Yakni meliputi lokasi patah tulang, usia, dan ada-tidaknya penyakit yang mengikuti. “Penyembuhan patah tulang (fraktur) yang berlokasi di ekstremitas superior (lengan, tangan) lebih cepat daripada tulang-tulang ekstremitas inferior (tungkai, kaki)”. Sebab tulang ekstremitas superior memiliki fungsi mengangkat beban, makan, dan minum. Sedangkan tulang tungkai dan kaki memiliki beban lebih berat. Itu sesuai dengan fungsinya sebagai penopang berat badan.

Ia juga berkata:”Untuk mengembalikan kekuatan tulang tungkai dan kaki, dibutuhkan waktu lebih lama”. Lebih lanjut beliau menerangkan: Jika ada penyakit yang mengikuti kejadian patah tulang. Proses penyembuhannya lebih lama. Ada beberapa penyakit penghambat pemulihan tulang. Di antaranya, kanker tulang, Paget’s disease, dan infeksi tulang. “Infeksi terbanyak adalah osteomyelitis. Infeksi jenis ini terjadi pada patah tulang terbuka yang mengakibatkan kuman dari luar bias masuk ke jaringan di sekitar lokasi patah tulang.”

Jika tak ada faktor penghambat, tulang dapat tersambung secara sempurna. Begitu pula kekuatannya. Tulang mungkin saja tidak tersambung secara sempurna (mal union). Pada kondisi itu, kekuatan tulang yang sudah tersambung berkurang. Pada kasus mal union berat, sambungan tulang membentuk sudut yang mengakibatkan tonjolan di kulit. “Otot di sekitar tulang yang membentuk sudut menjadi tidak seimbang sehingga memunculkan rasa ngilu saat otot beraktifitas,“ jelasnya. Kekuatan tulang menjadi tak seimbang. Sebab, di perlekatan otot yang menempel pada tulang bersudut itu, ada yang kencang dan ada yang kendor.

Kasus lain yang berdampak nyeri pada tulang yang patah adalah non union (tulang gagal tersambung) dan delayed union (tulang terlambat menyambung). Kondisi itu mungkin berkaitan dengan kurangnya nutrisi pada jaringan pembentuk tulang. Normalnya, patah tulang pada bayi akan tersambung selama 15-30 hari. Anak-anak mem butuhkan waktu 1-2 bulan, dan dewasa 2-3 bulan.

Kerusakan tersebut sering diperparah dengan pemijatan saat patah tulang. Padahal, pijat yang menekan saraf dan otot di sekitar tulang yang patah rawan menimbulkan perdarahan di bawah kulit. “Jika tejadi perdarahan, secara otomatis saraf dan otot membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh,” tegasnya. Nutrisi untuk pembentukan tulang tertunda karena otot dan saraf harus menyembuhkan diri dulu.

Soo…, untuk membantu proses penyebuhan patah tulang atau keretakan tulang anda dapat menggunakanGamat Emas, dimana herbal ini bermanfaat dalam mempercepat penyambungan tulang. Semoga Lekas Sembuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar