Kamis, 23 Mei 2013

PAKAH SHIATSU ITU ...?

Definisi 'Shiatsu' adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Jepang yang terdiri atas dua unsur yang berarti 'jari' (Shi) dan 'tekanan' (atsu). Istilah ini digunakan untuk menjelaskan suatu bentuk terapi yang diakui oleh pemerintah jepang, salah satu ciri dari terapi ini adalah banyaknya penggunaan tekanan statis pada titik accupoint yang tepat, dimana titik dan garis accupoint tersebut di dalam bahasa jepang ini disebut 'tsubo',  juga digunakan dalam pengobatan akupunktur atau tusuk jarum dan dalam bahasa Inggris tsubo ini juga disebut accupoints' [titik-titik pijat). Garis yang menjadi tempat semua titik-titik tadi disebut sebagai 'meridian’ juga banyak dikenal baik dalam teori maupun praktek dari disiplin ilmu pengobatan oriental yang lain seperti akupunktur dan pengobatan herbal. Oleh karena itu tidaklah mengherankan bila Shiatsu juga sering disebut dengan 'acupressure'(akupresur),

dan stimulasi titik-titik tadi dengan tekanan pijatan jelas merupakan salah satu dari teknik yang digunakan. Pada kenyataannya, tekanan pijatan ini diterapkan pada daerah yang luas dari tubuh. serta titik-titik tertentu di seluruh tubuh, dengan menggunakan tidak hanya jari-jari dan ibu jari. tetapi juga telapak tangan. siku, lutut, dan kaki. Sebagai tambahan di samping tekanan pijatan ini sendiri, digunakan juga teknik merentangkan secara lembut dan manipulasi, yang berasal dari fisioterapi modern. Pada waktu-waktu tertentu, teknik 'mencengkeram' ringan juga digunakan, biasanya dengan menggunakan telapak tangan seperti cara pengobatan dengan meletakkan tangan pada penyembuhan spiritual. jadi dalam prakteknya, Shiatsu modern menggabungkan campuran dari berbagai cara pendekatan, hampir semuanya berkaitan dengan menekan; sebagian didasarkan pada metode kuno, sedangkan sebagian yang lain pada metode yang lebih modern. tetapi semuanya memiliki unsur sentuhan.
Asal Mula dan Sejarahnya
Jelas sekali, asal mula dari Shiatsu terletak pada respons alami terhadap luka, rasa sakit, atau perasaan tidak enak. Dan menggosok daerah yang sakit terasa membantu dan sering meredakan rasa sakit itu. Dari respons otomatis terhadap penyakit di dalam tubuh ini, melalui berbagai percobaan dan kekeliruan. suatu pendekatan yang sistematis untuk meredakan penyakit tertentu dengan memusatkan perhatian pada beberapa daerah dan titik utama. yang bisa diulang-ulang. Pada mulanya, hal ini sepertinya dilakukan berdasarkan intuisi; tetapi seiring dan dengan berjalannya waktu. teori-teori dikembangkan untuk menjelaskan fenomena ini dan teori ini menjadi dasar sistem perawatan kesehatan yang terus digunakan dalam praktek selama ribuan tahun di Timur, danini meruupakan cikal bakal dasar Shiatsu.
Dalam naskah pengobatan Cina yang paling awal, The Yellow Emperor's Classic of Internal' Medicine [Pengobatan Penyakit Dalam Klasik dari Kaisar Kuning), yang ditulis lebih dari dua ribu tahun yang lalu, asal mula dan perkembangan dari berbagai disiplin pengobatan di cina itu berbeda-beda, disebabkan oleh perbedaan wilayah di Cina: geografi, diet dan gaya hidup yang sangat bervariasi antara daerah yang satu dengan yang lain, sehingga berpengaruh pada pola penyakit. jadi. akupunktur, pijat, dan pengobatan dengan herbal (jamu) digunakan secara bersama-sama untuk mengatasi berbagai penyakit yang menyerang. 
Lalu pijat tradisional Cina kuno yang dikenal sebagai 'Anmo', berkembang di jepang untuk digunakan dan disesuaikan oleh bangsa Jepang dangan modifikasi tehnik dan style mereka, dan bangsa jepang yang menyebut pengobatan yang telah mereka modifikasi ini dengan istilah 'Anma'. Di Jepang, 'Anma' menjadi satu profesi yang sering dikaitkan dengan orang buta dan mendapat reputasi bagus selama beberapa ratus tahun; bagaimanapun juga, setelah pengobatan Barat mulai menandai pengaruhnya di abad kesembilan belas, mereka mulai memandang rendah pengobatan tradisional tadi dan menganggapnya sebagai dongeng cerita rakyat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar