Rabu, 29 Mei 2013

Pilihan Tepat Mengobati Patah Tulang

Ketika anda atau kerabat anda mengalami patah tulang, tentunya ingin sekali patah tulang tersebut segera sembuh tanpa ada komplikasi yang menyertai. Untuk mencapai itu semua kita harus tentukan pilihan yang tepat untuk mengobati patah tulang. kepada siapa kita percayakan pasien patah tulang untuk mendapat pengobatan dan perawatan. dukun atau dokter?

Sebagai tambahan pengetahuan disini terlebih dahulu akan saya jelaskan mengenai Prinsip pengobatan patah tulang. Prinsip pengobatan patah tulang yaitu mengembalikan posisi tulang patah ke posisi semula sebelum dia patah atau disebut dengan istilah reposisi, setelah posisi sudah benar seperti semula lalu mempertahankan posisi tersebut sambil menunggu proses penyembuhan patah tulang (immobilisasi) agar tulang tersebut dapat tersambung dengan posisi yang benar. Reposisi dan immobilisasi ini dapat dilakukan secara operasi (pasang pen) maupun tidak operasi (pemasangan gips).
penanganan tepat patah tulang
macam-macam patah tulang
Di Indonesia, kita sering mendengar istilah dukun sangkal putung (dukun patah tulang), dan mungkin saja beberapa dari kita atau saudara kita pernah berobat ke dukun sangkal putung tersebut. Biasanya mereka yang berobat ke dukun sangkal putung ini karena alasan biaya pengobatan dan operasi orthopaedi/tulang yang relatif mahal, selain itu juga karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai ilmu medis dan bingung mengenai langkah atau pilihan yang tepat untuk mengobati patah tulang.
Pada kenyataannya pengobatan yang dilakukan dukun sangkal putung pun mengikuti prinsip pengobatan patah tulang secara kedokteran, yaitu reposisi (dengan diurut ke posisi semula) dan immobilisasi (ditopang/ diganjal dengan bidai).
Namun yang perlu digaris bawahi ketika anda melakukan pengobatan ke dukun patah tulang antara lain :
1. Bagaimanakah kesempurnaan reposisi yang dilakukan dukun patah tulang, apakah tulang tersebut benar-benar telah kembali keposisi semula. Pada dasarnya semua patah tulang akan mengalami proses penyembuhan dan menyatu kembali, namun bila posisinya tidak tepat, maka tulang akan menyambung dengan keadaan miring / bengkok atau malah tidak dapat menyatu sama sekali, sehingga dapat menimbulkan kecacatan atau penyembuhan patah tulang yang tak sempurna. Banyak sekali pasien-pasien patah tulang yang telah berobat ke dukun sangkal putung, namun penyembuhan tulang menyatu dengan tidak tepat atau bengkok sehingga kemudian harus tetap menjalani operasi kembali untuk meluruskan tulang tersebut.
2. Bagaimanakah komplikasi dan faktor penyulit yang menyertai ?
Komplikasi patah tulang seperti contohnya infeksi pada patah tulang terbuka maupun tertutup, dimana dalam hal ini memerlukan pemberian antibiotik yang adekuat, sehingga tidak terjadi proses infeksi bakteri yang dapat berakibat fatal, sampai kematian.
3. Pada umumnya, dukun patah tulang hanya dapat menangani patah tulang yang bersifat tertutup dan sederhana, karena pada patah tulang terbuka, dan lebih berat tetap memerlukan tindakan operasi.
4. Bagaimana pertanggungjawaban medis seorang dukun patah tulang terhadap pasiennya.
Beberapa dukun sangkal putung memang menggunakan juga fasilitas kedokteran seperti foto rontgen, obat-obat antibiotik, dan obat-obat penahan rasa sakit. Namun biasanya setelah penggunaan fasilitas kedokteran tersebut, maka biaya pengobatannya pun menjadi tetap mahal.
Ditinjau dari segi biaya, memang pengobatan operasi orthopaedi/ bedah tulang memakan banyak biaya, sehingga bagi masyarakat golongan ekonomi yang rendah sangatlah sulit untuk mendapatkan pengobatan ini, dan terpaksa menjalani pengobatan alternatif dukun patah tulang, dengan resiko hasil dari proses penyembuhan patah tulang yang tidak sempurna bahkan jika dibiarkan saja malah bisa menjadi suatu kecacatan. Dan bila ingin diperbaiki, akan tetap memerlukan tindakan operasi, sehingga biaya yang diperlukan dan waktu yang terbuang akan lebih banyak dibandingkan penanganan secara kedokteran dari sejak awal terjadinya patah tulang.
Lain halnya jika anda langsung mempercayakan kepada dokter ahli orthopaedi atau bedah tulang, dengan melakukan operasi sang dokter akan melihat langsung tulang yang patah dan saat itu juga dengan jelas dan tepat tulang yang patah tersebut disambung dengan berbagai peralatan medis yang canggih, sehingga dijamin tulang yang patah akan tersambung dengan tepat. Nah, sekarang tinggal bagai mana agar tulang cepat menyambung, 
Melalui artikel ini, saya harap Anda sudah mengerti tentang : obat patah tulang, patah tulang, waktu penyembuhan patah tulang, tulang patah, Pengobatan Patah tulang, penyembuhan patah tulang, pasca operasi patah tulang


Sumber : http://mediskus.com/penyakit/pilihan-tepat-mengobati-patah-tulang.html#ixzz2Ui2VZJpr
Harap sertakan Link Sumber Diatas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar