Jumat, 28 Juni 2013

Beragam Khasiat Temulawak

Temulawak merupakan tanaman obat asli dari Indonesia. Tumbuhan yang digolongkan ke dalam suku temu-temuan ini banyak digunakan sebagai bahan utama obat tradisional, jamu. Khasiat temulawakmemang beragam. Hal ini wajar mengingat kandungan senyawa aktif di dalam bagian rimpang (umbinya) cukup kompleks. Zat penyusun temulawak ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan juga kecantikan. 

Kandungan Pada Temulawak

Sebelum mengurai khasiat temulawak, ada baiknya jika kita terlebih dahulu membedah
 kandungan senyawa aktif dari temulawak itu sendiri. Senyawa penyusun temulawak antara lain protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, fellandrean, tumerol (sering disebut minyak menguap), foluymetik karbinol, serat alami, xanthorrhizol, germakron dan kurkumin. Kurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu). Temu lawak memiliki efek farmakologi yaitu, hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri pada sendi.


Beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan temulawak jauh lebih kompleks dibandingkan obat herbal dari Korea, gingseng. Oleh sebab itu khasiatnya pun lebih beragam ketimbang gingseng. Berikut beberapa
 khasiat temulawak yang telah teruji secara klinis :
1.       Sebagai detox alami untuk liver atau hati.
2.      Sebagai antiseptik dan antibakteri alami terutama berguna untuk mengobati luka bakar.
3.      Karena khasiatnya sebagai anti-peradangan alami, dapat mengatasi gejala peradangan sendi (rematik) & serangan asam urat.
4.      Meningkatkan kualitas juga jumlah ASI.
5.      Penawar rasa sakit alami, terutama ketika masa menstruasi pada wanita.
6.      Dapat membantu kontrol metabolisme lemak dalam tubuh dan kadar kolesterol.
7.      Memperbaiki metabolisme sistem pencernaan tubuh.
8.      Meningkatkan vitalitas tubuh.
9.      Khasiat temulawak lainnya adalah sebagai pengencer darah dapat membantu mencegah serangan jantung atau stroke
10.   Kandungan xanthorrhizolnya dapat berfungsi sebagai anti kariogenik yaitu pencegah berkembangnya bakteri perusak gigi.
11.    Mengatasi maag, sakit kepala, masuk angin, sembelit juga jerawat di wajah.
12.   Minyak atsirinya mampu meningkatkan produksi cairan empedu dan menekan terjadinya pembengkakan dalam jaringan tubuh.
13.   Dipercaya sebagai penambah nafsu makan untuk segala usia.


Mencermati
 khasiat temulawak yang beragam, tak ada salahnya untuk memasukkan temulawak ke dalam daftar konsumsi harian Anda. Temulawak sangat mudah ditemukan di seluruh wilayah Indonesia sebab persebaran tumbuhnya hampir merata. Tetapi jika Anda tidak ingin repot mengolah langsung rimpang temulawak, Anda bisa membeli produk berbahan temulawak di pasaran. Saat ini, industri obat herbal kita telah diramaikan oleh produk semacam jamu temulawak sachet, sari temulawak, kapsul ekstrak temulawak, ekstrak temulawak bubuk siap seduh dan masih banyak lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar